Dicari Petugas Baru Perlindungan Planet, Gaji Menarik!

Bumi memiliki perlindungan alami  seperti jenis tertentu yang membentuk aurora yang indah. Hanya saja, NASA memiliki cara tersendiri untuk melindungi planet bumi dan dengan alat mereka sendiri. Saat ini, NASA sedang mencari “petugas perlindungan planet” baru yang ditugaskan untuk mempertahankan bumi dari kehidupan asing atau semacam gangguan yang dapat mengganggu kehidupan di bumi.

Gaji Besar, Tetapi Sepi Peminat

Secara lebih khusus lagi, perhatian utama jenis pekerjaan yang ditawarkan adalah untuk menghindari “kontaminasi biologis dalam eksplorasi antariksa manusia dan robot.” Itu berlaku dua arah – untuk pesawat ruang angkasa kembali ke Bumi dan sebaliknya risiko kontaminasi manusia terhadap planet lain di luar angkasa. Pekerjaannya memang cukup berat tetapi seiring dengan jabatannya yang inspiratif, pekerjaan ini ditawarkan dengan kisaran gaji tahunan yang lumayan, sebesar $ 124.406 – $ 187.000.

Iklan lowongan tersebut sebenarnya telah dibuka untuk warga AS sejak Juli, dengan tanggal penutupan sampai pertengahan Agustus. Tapi iklan lowongan kerja tersebut tidak diperhatikan bahkan sampai sekarang. Ini bisa bermakna banyak dan salah satunya karena kurangnya tenaga ahli di sana. Nah, iklan seperti ini, bukan ide baru mengingat adanya perjanjian Perserikatan Bangsa-Bangsa asli mengenai eksplorasi luar angkasa, yang ditandatangani pada tahun 1967, menyerukan agar negara-negara togel singapore yang memiliki kewarganegaraan untuk menjaga kontaminan.

Di antara tujuan dari Kantor Perlindungan Planet (Office of Planetary Protection) adalah menjaga dunia yang lain “di negara alami mereka ” dan “berhati-hati dalam melindungi biosfer Bumi jika terjadi kehidupan di tempat lain”. Pekerjaan ini memang menuntut keseriusan dan keahlian khusus untuk menjaga baik planet bumi maupun planet lainnya yang telah dikunjungi selama ini.

Tenggungjawab yang Sangat Besar

Dr Catharine Conley, mengatakan kepada New York Times pada tahun 2015 bahwa dia yang dihadirkan dengan beberapa orang berkacamata hitam seperti dalam film Men in Black pada hari pertamanya, dia tahu bahwa manusia kemungkinan akan menjadi ancaman yang lebih besar untuk kehidupan atau planet lain yang ada di luar angkasa. Ia mengatakan;

“Jika kita mencari kehidupan di Mars, akan sangat menyedihkan jika membawa kehidupan di Bumi (ke Mars),” katanya kepada surat kabar tersebut.

Pekerjaan yang ditawarkan memang menuntut tanggungjawab yang sangat besar dengan kualifikasi yang menuntut agar semua planet dapat bertahan tanpa adanya kontaminasi yang dapat merusak salah satunya. Nah, selain membutuhkan “pengetahuan yang tajam tentang perlindungan planet”, kandidat yang tepat harus sudah memiliki pengalaman dalam “program luar angkasa untuk memiliki kepentingan nasional”. Hal ini berarti dia harus memiliki gelar di bidang fisika, teknik, atau matematika. Dan pekerjaan itu juga membutuhkan “rahasia” untuk tingkat keamanan yang tinggi.

Memang tentang kebersihan (dari kontaminasi) pesawat ruang angkasa yang seringkali tidak pernah menjadi bahan perbincangan, baru-baru ini menjadi sorotan publik ketika seorang Wakil Presiden AS Mike Pence, memutuskan untuk menyentuh sebuah komponen meskipun disitu jelas terdapat tanda dengan tulisan “Dilarang Menyentuh” ​​yang besar terpasang di sana.

Tapi NASA kemudian mengatakan bahwa permukaan (komponen yang disentuh) akan dibersihkan sebelum dikumpulkan ke dalam pesawat ruang angkasa Orion dan ini semua adalah bagian dari prosedur dekontaminasi. Jadi, walaupun tidak disentuh memang akan dibersihkan oleh NASA untuk menjaga kebersihan dari berbagai kontaminasi manusia.

Kenyataannya, seperti ditunjukkan oleh majalah Time, NASA mengambil peran perlindungan planet ini dengan sangat serius sehingga bersiap untuk menghancurkan pesawat ruang angkasa Cassini yang mengorbit Saturnus sehingga tidak mogok secara tak terkendali dan mencemari planet ini – sama seperti Galileo, yang mengorbit Jupiter, pada tahun 2003.

Leave a Comment