Diburu Persib-Arema FC, Egy Maulana Vikri Pilih ke Eropa

Tak bisa dipungkiri jika proses regenerasi pemain sepakbola di Indonesia saat ini tengah berjalan ke arah yang menjanjikan. Jika Timnas U-22 memiliki Evan Dimas, maka Timnas U-19 tak mau kalah dengan memiliki Egy Maulana Vikri. Bahkan nama Egy kini dianggap jauh lebih populer dari Evan karena penampilan luar biasanya saat Piala AFF U-18 2017 kemarin. Meraih gelar top scorer, pemuda yang baru berusia 17 tahun itu kini jadi buruan banyak klub elit sepakbola Indonesia.

 

Perjalanan Egy hingga menjadi calon bintang masa depan sepakbola Tanah Air ini tidaklah mulus. Dilansir fourfourtwo.com, Egy ditemukan oleh pengusaha Subagja Suhian yang sangat peduli dengan dunia sepakbola Nusantara. Egy kemudian berjumpa Indra Sjafri pada tahun 2012 saat dia masih berumur 12 tahun. Dianggap punya bakat judi kartu online sejak lahir, orangtua Egy sejatinya pernah hendak mengubur dalam-dalam mimpi anak mereka karena keterbatasan ekonomi.

 

Semakin tahun prestasi Egy makin gemilang. Dia pun mampu meraih Jouer Revelation Tropheedi Turnamen Toulon 2017 yang digelar di Prancis. Penghargaan yang diterima Egy itu juga pernah didapatkan Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo.

 

Diminati Klub Indonesia dan Eropa

 

Pelatih Espanyol B yakni David Gallego tak segan memuji pemain asal Medan itu. Menurut David, penampilan ciamik Egy di Piala AFF U18 2017 sangatlah luar biasa. Egy dipandang sebagai seorang striker sayap potensial. Pujian David inipun menguatkan dugaan jika Egy bakal berkarier di Eropa karena klub itu pernah memanggil Evan untuk melakukan uji coba pada 2016 silam.

 

Dan dugaan itu makin kencang berhembus saat Egy melakukan pertemuan dengan agen asing di sebuah mall di Jakarta pada Selasa (26/9). Tak sendiri, Egy hadir ditemani Raden Isnanta (Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora), coach Indra dan Subagja. Kepada Kompas, Subagja berkomentar, “Perkembangannya sudah 80% dan sisanya tinggal tanda tangan kontrak. Kami bersepakat mengawal Egy untuk jadi pesepakbola yang berguna bagi dirinya dan Indonesia. Egy diproyeksikan memperkuat salah satu klub di Italia atau Spanyol.”

 

Dengan kontrak yang sudah berjalan ini, maka keinginan klub elit Indonesia seperti Persib Bandung dan Arema FC untuk meminang Egy sepertinya makin sulit. Padahal manajer Persib yakni Umuh Muchtar sampai menjanjikan kontrak berdurasi panjang untuk Egy. Tim pelatih Arema FC juga sudah menyerahkan tiga-empat nama pemain Timnas U-19 kepada manajemen untuk digaet, dengan salah satunya adalah Egy.

 

Fokus Sekolah dan Piala Dunia

 

Menanggapi banyaknya klub-klub besar Tanah Air yang berhasrat memperoleh tanda tangannya, Egy pun mengaku bersyukur. Hanya saja Egy lebih memilih untuk menolak secara halus karena ada dua hal yang menjadi alasan. Egy mengaku jika saat ini dirinya tengah fokus PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga) Ragunan. Tak cuma itu saja, Egy juga berhasrat bisa membawa Timnas U-19 mencetak hasil maksimal di Piala Dunia U-20.

 

Apa yang diutarakan Egy ini jelas sejalan dengan penuturan Subagja. Ayah angkat sekaligus perwakilan Egy dalam sepak terjangnya di dunia sepakbola ini juga menuturkan kalau Egy harus fokus pada pendidikannya dulu. Egy saat ini tengah duduk di bangku kelas tiga SMA di Diklat Ragunan, Jakarta Selatan. Dengan kontraknya yang sudah terjalin dengan klub luar negeri, tampaknya Egy baru akan memulai kariernya di Eropa pada tahun 2018 mendatang. Semoga terus sukses ya, Egy!

 

Leave a Comment