Synopsis Film Si Manis Jembatan Ancol

Jika Anda ingin bernostalgia dengan film-film horror zaman dulu, jangan ketinggalan untuk menyaksikan Si Manis Jembatan Ancol pada 26 Desember 2019.Film tersebut dibintangi oleh aktris Indah Permatasari dan disutradarai oleh Anggi Umbara.Selain itu turut serta pula actor tampan Randy Pangalila serta Arifin Putra. Akankah film layar lebar tentang hantu cantik tersebut mempunyai alur cerita yang sama dengan serialnya? Berikut sinopsisnya!

 

Synopsis singkat Si Manis Jembatan Ancol

Konon Si Manis adalah julukan untuk hantu Maryam, seorang wanita cantik yang dibantai oleh sang suami karena cemburu. Legenda tersebut sangat popular di kalangan masyarakat Ibukota dan tak sedikit orang yang mengaku pernah melihat penampakannya di kawasan Jembatan Ancol.

 

Pada trailernya yang telah dirilis memperlihatkan kehidupan rumah tangga antara Maryam dan Roy yang tengah di ujung tanduk.Maryam kemudian bertemu sosok Yudha, seorang seniman pelukis yang mampu memberinya ketenangan. Ini terlihat pada adegan saat keduanya berdialog:

“Apa yang membuat seseorang benar-benar bahagia?” Tanya Maryam kepada Yudha.

“Cinta” jawab Yudha.

 

Sementara Roy juga mengalami masalah pelik dimana dirinya terlilit pinjaman berbunga seorang rentenir jahat. Hutang Roy bisa dianggap lunas jika bersedia menyerahkan sang Istri yang langsung ditolak Roy mentah-mentah.

 

Pusing dengan permasalahan hutangnya, Roy kemudian mencurigai keakraban sang Istri dengan Yudha. Roy pun meminta Maryam bersumpah bahwa dia sama sekali tidak jatuh cinta kepada Yudha. Maryam yang tak dapat membohongi hati kecilnya tak dapat mengucapkan sumpah tersebut.

 

Roy yang posesif pun terbakar amarahnya dan meminta preman untuk menghabisi Maryam di Jembatan Ancol.

 

Film Si Manis Jembatan Ancol merupakan film layar lebar kedua

Sebelum diangkat ke layar lebar, kisah ini memang lebih dulu popular sebagai tv series dan pada tahun 1993 dirilis versi layar lebarnya dengan pemain yang sama. Pada saat itu dipilih genre horror komedi karena menyesuaikan dengan serialnya.

 

Synopsis ceritanya agak berbeda dengan cerita televisi atau pun kisah legenda asli tentang hantu cantik tersebut. Si Manis mempunyai seorang sahabat, Karina, sosok hantu waria yang kocak. Keduanya menyelamatkan seorang toto togel pemuda bernama Gilang yang arwahnya tersesat sementara tubuhnya terbaring koma di rumah sakit.Gilang berada dalam kondisi kritis karena percobaan pembunuhan oleh Iwan.

 

Kedua hantu tersebut bahu-membahu berusaha mengembalikan arwah Gilang ke dalam tubuhnya namun dihalangi oleh makhluk halus jahat bernama Jin Volker. Kedua hantu tersebut akhir berhasil membuat Gilang kembali sadar dan melanjutkan hidupnya dengan bahagia bersama sang kekasih. Gadis bernama Nina itulah yang menjadi penyebab Iwan berusaha melenyapkan Gilang, karena berniat merebut gadis itu.

 

Kisah asli urban legend Si Manis Jembatan Ancol

Penduduk setempat menceritakan tentang sosok hantu ini dengan versi yang berlainan.Beberapa menganggapnya baik dan suka menolong, sementara ada yang mengatakan bahwa hantu cantik ini jahat karena berniat membalas dendam karena kisah hidupnya yang pahit.Cerita tentang hantu ini konon bermula pada abad ke-18, dimana Maryam remaja cantik berusia 16 tahun yang harus mengalami nasib tragis.

 

Maryam yang dikisahkan mempunyai wajah yang sangat cantik berasal dari keluarga tak berada sehingga sejak kecil dirinya harus berjuang untuk menghidupi diri sebagai pelayan.Sang Majikan jatuh cinta kepadanya dan berniat menjadikannya selir.

 

Tak sudi menjadi hiburan seorang pria tua Maryam pun kabur.Si majikan yang murka lalu memerintahkan para pengawalnya untuk mencari dan menangkap Maryam. Remaja yang bukan tandingan para preman itu dengan mudah ditangkap, namun Maryam terus memberontak. Para preman ini kemudian menodai kemudian membunuh Maryam dan membuang jasadnya di sekitar Jembatan Ancol. Sejak itulah legenda Hantu Maryam dimulai.

 

Leave a Comment