Ide Bisnis Online Rumahan: Solusi Saat Harus Work From Home

Untuk menambah penghasilan Anda bisa mencoba berjualan di internet dengan membangun online shop sendiri. Bila belum mempunyai produk sendiri, Anda bisa memulai dengan menjadi tenaga pemasar atau menjualkan barang milik orang lain. Bisnis online ini relative lebih mudah dilakukan siapa saja asalkan mempunyai ponsel dengan sambungan internet.

Dengan smartphone ini Anda melakukan promosi, menjawab pertanyaan calon pelanggan, menerima pesanan dan pembayaran, hingga mengontak supplier. Peluang usaha di rumah online ini cukup menggiurkan mengingat masyarakat Indonesia, termasuk suka bertransaksi online. Bila Anda masih merasa ragu, berikut ini adalah beberapa keunggulan online shop dibandingkan membuka toko biasa.

 

Keunggulan Bisnis Online Shop

Selain berpeluang besar, bisnis online juga mempunyai  beberapa keunggulan dibandingkan bisnis offline.

  • Gampang dijalankan

Bisnis online bukanlah hal yang sulit dilakukan, apalagi untuk para milenial yang tak bisa lepas dari internet dalam keseharian. Simple-nya Anda bisa memulai dengan membuat akun online shop di media social atau marketplace yang jumlahnya semakin meningkat itu. Setelah akun sudah dibuat, di hari itu juga Anda bisa mulai jualan online.

 

Coba bandingkan dengan merintis usaha secara konvensional, misalnya toko sembako. Anda perlu sewa toko di lokasi yang strategis, modal untuk stok barang, menggaji pegawai, dan sebagainya. Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk itu? Paling tidak Anda membutuhkan dana hingga puluhan juta rupiah.

 

  • Market yang luas

Kunci agar sebuah toko laris pembeli adalah berada di lokasi yang strategis, misalnya di pinggir jalan atau di dekat kompleks perumahan. Untuk online shop hal ini tak berlaku karena siapa pun berpotensi menjadi pelanggan, selama dapat mengakses katalog yang unggah. Tidak hanya orang-orang di sekitar, konsumenmu bisa berasal dari luar kota, propinsi, bahkan mancanegara, asyik, kan?

 

  • Buka 24 jam

Berapa lama sebuah toko beroperasi? Walaupun memang ada yang 24 jam, tetapi umumnya adalah 8 sampai 12 jam. Ini pun Anda harus merekrut beberapa pegawai untuk bekerja secara shift. Sebaliknya, online shop terus buka selama 24 jam dan dapat dikunjungi kapan saja, misalnya saat follower olshopmu ingin melihat katalog terbaru.

 

  • Modal terjangkau

Bila untuk membuka toko sembako Anda memerlukan modal untuk stok barang, tidak demikian halnya dengan online shop. Dengan modal yang cukup terjangkau, Anda sudah dapat memulai berjualan online, yaitu dengan system reseller dan dropshipper. Apa artinya reseller dan dropshipper, serta apa bedanya? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

 

  • Tidak butuh tempat

Anda tidak perlu kebingungan menyediakan modal untuk menyewa kios, ruko, atau gudang, karena bisnis togel sgp ini tak mengharuskan Anda untuk stok barang. Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, atau akun media social Anda adalah “lapak” jualan yang dapat dikelola dengan mudah dengan smartphone di tangan. Anda cukup kerja pakai hape di rumah.

 

  • Tak perlu rekrut banyak karyawan

Sebagai pebisnis pemula, Anda bahkan tak perlu mempekerjakan karyawan sama sekali, apalagi sebagai dropshipper. Online shop yang dijalankan dengan system dropship bahkan tidak mewajibkanmu menangani packing serta pengiriman sendiri. Sangat direkomendasikan bagi pemula.

 

  • Fleksibel

Dunia maya aktif selama 24 terus-menerus sehingga Anda dapat memilih kapan mau mulai mengurus toko. Bisnis ini dapat dilakukan baik sebagai sampingan untuk menambah penghasilan, atau sebagai pekerjaan utama. Bila saat ini Anda mempunyai profesi utama sebagai karyawan kantor, misalnya, di sela-sela waktu bekerja Anda tetap dapat mengurus olshop milikmu.

 

Dengan mempunyai dua sumber penghasilan, Anda akan lebih siap menghadapi berbagai masalah financial. Ini termasuk saat negara kita mengalami kondisi wabah yang mewajibkan warganya untuk berdiam di rumah.

 

Selamat mencoba!