Finish Juara Baru MotoGP 2020

Empat belas seri dari kejuaraan Dunia MotoGP 2020 sudah rampung digelar. Dimana Seri terakhir, pada MotoGP Portugal 2020 lalu, telah mengibarkan bendera finis Minggu 22/11/2020 malam digelar di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao. Untuk kilas balik, dimana Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 ini seharusnya diselenggarakan bulan Maret silam di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Tetapi, karena adanya pandemi Covid-19 yang mengganggu jadwal telah disusun dengan rencana sedemikian matang. Akhirnya seri perdana dibuka di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, 19/7/2020 dan telah berakhir pada 15 November 2020 dan menghadirkan pemenang baru.

 

Juara baru kejuaraan MotoGP

Ajang MotoGP 2020 sudah berakhir dengan hadirnya pemenang baru yaitu pembalap muda dari Suzuki Ecstar Joan Mir, yang tampil menjadi juara dunia di MotoGP 2020 dengan performa konsisten yang dia tunjukkan. Gelar tersebut adalah gelar perdana untuk rider berusia 23 tahun tersebut sejak debut di MotoGP 2019. Juara dunia yang diraih Joan Mir total nilai berjumlah 171. Dan Pembalap  Spanyol ini mengunci gelar sebagai juara dunia di seri Valencia, 15 November 2020 lalu.

 

Joan Mir meraih juara dunia mengumpulkan jumlah kemenangan totobet yang paling sedikit, hanya satu. Pembalap 23 tahun ini mengunci gelar prestisius ini dengan modal yang konsistensi di 5 besar. Dan Keberhasilan Joan Mir diikuti Suzuki Ecstar di kategori tim. Suzuki Ecstar telah berhasil jadi juara dunia di kategori tim memperoleh nilai akhir 310. Dan Tim berkelir biru tersebut unggul telak terhadap runner-up Petronas Yamaha SRT selisih dengan nilai 62 poin. Atas Keberhasilan ini lagi-lagi tidak terlepas karena konsistensi dari Joan Mir serta Alex Rins.

 

Namun sayangnya, dimana Suzuki Ecstar yang gagal mendarat triple crown atau sapu bersih di tiga kategori, tim, pembalap, dan konstruktor. Di kategori terakhir ini, gelar tersebut diraih tim Ducati Corse. Berkat keberhasilan dari Jack Miller yang finis kedua saat tampil di Portimao, tentu Ducati mengumpulkan nilai 221 angka, yang  unggul lebih 17 poin dengan Suzuki yang punya nilai 204.

 

Dan juga, gelar pendatang baru yang terbaik diberikan untuk Brad Binder. Yaitu Pembalap Tim KTM Red Bull tersebut mengumpulkan nilai 87 poin yang nangkring pada posisi 11 di klasemen akhir. Dirinya unggul  lebih 13 angka dibanding pesaing terberatnya, yaitu Alex Marquez, yang ada di posisi 14.

 

Daftar lengkap juara MotoGP 2020

Motogp 2020 melahirkan juara baru yaitu Joan Mir Mayrata yang lahir 1 September 1997 merupakan seorang Pembalap dari motor Grand Prix Spanyol. Dimana Mir pun pernah jadi pesaing saat di Red Bull MotoGP Rookies Cup serta CEV Moto3 Championship. Dia berhasil memenangkan juara Dunia Moto3 2017 di Leopard Racing. Mir jadi juara dunia di MotoGP 2020 pasca melewati 7 podium dengan 1 kemenangan sepanjang musim liga 2020 MotoGP tersebut.

 

Kategori Pembalap diraih oleh Joan Mir dan untuk Kategori Tim diraih oleh tim Suzuki Ecstar sedangkan untuk Kategori Konstruktor yaitu tim Ducati dan juga kategori sebagai Pendatang Baru Terbaik yaitu Brad Binder.

Pagelaran dunia MotoGP telah berakhir tanggal 15 November 2020 lalu Setelah mengalami perubahan jadwal akibat pandemi dan hasil akhirnya menghadirkan pembalap-pembalap baru yang meraih kemenangan termasuk Joan Mir yang berhasil meraih juara MotoGP 2020 yang sebelum-sebelumnya belum pernah didapatkan mir tersebut semenjak dirinya bergabung di 2019 lalu.